26.12.09

LONTONG KUPANG

Jalan-jalan sambil berwisata ke daerah daerah di Indonesia, akan lebih lengkap kalau kita juga sekalian mencicipi kuliner khas daerah tersebut.

Demikian pula halnya dengan Surabaya, sebagai kota kedua terbesar di Indonesia yang terletak di bagian utara P. Jawa, Surabaya yang memiliki daerah pantai, juga memiliki kuliner khas daerah pantai, yaitu makanan khas yang berasal dari laut.

Salah satu kuliner khas daerah pesisir pantai Surabaya, yaitu Kupang atau biasa di sebut Lontong Kupang.

Bahan utama kuliner ini adalah Kupang yaitu sejenis hewan laut semacam kerang, yang bentuknya kecil sekitar 3-5 milimeter, dengan warna tubuh coklat agak pucat. Kupang apabila sudah dimasak terjadi perubahan pada bagian kepalanya yang akan berubah berwarna hitam.

Kupang sendiri sebagai hewan laut kerang sering disebut kerang putih atau Corbula Faba (Latin), dimana habitatnya di lumpur air asin.

Memakan Kupang akan lebih lengkap bila disertai dengan sate kerang, dimana sate kerangnya tidak dibakar, melainkan direbus terlebih dahulu.

Lontong Kupang yang disajikan dengan sate kerang kerap disantap dengan sambel yang terbuat dari petis udang yang dicampur dengan gula merah.

Bagi sebagian orang yang alergi terhadap makanan laut, khususnya kepada sejenis kerang-kerangan, jangan takut untuk tidak dapat mengkonsumsi kupang, karena ada obat penawarnya yang murah meriah dan gampang didapat, yaitu Es Kelapa Muda, maka jangan heran kalau kita makan lontong kupang, pasti akan ditawari Es Kelapa Muda sebagai penawar gatal-gatal, mual-mual, dan murus-murus alias sakit perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas perhatian anda, silahkan tinggalkan pesan dan kesan anda