26.12.09

JOURNEY TO EAST, part five (the end)


berakhir di
KENJERAN - SURABAYA



Penatnya perjalanan dari mulai Sumenep untuk kembali ke Surabaya sebelum kembali lagi ke Bandung, membawa langkah kaki ke Pantai Ria Kenjeran.

Pantai Ria Kenjeran saat ini sudah berkembang sangat pesat, salah satu penambahan yang mencolok mata adalah adanya Sanggar Agung, yaitu bangunan kelenteng sebagai tempat ibadah kaum Tionghoa.

Bangunan khas Cina ini berdiri megah ditepi pantai kenjeran, dengan warna khas-nya yaitu merah dan kuning ke-emasan yang dihiasi dengan tulisan Cina serta dilengkapi dengan nyala lilin raksasa serta bebauan hio yang terbakar.




















Dibelakang Kelenteng, berdiri membelakangi laut sebuah patung raksasa Dewi Kwan Im yang didampingi 2 muridnya, dikawal oleh 4 pengawal langit, yang berdiri diatas gerbang dua ekor naga, Dewi Kwan Im sendiri dipercaya oleh masyarakat Cina sebagai Dewi Kasih Sayang Pembawa Kemakmuran.


















Berada di seberang jalan Kelenteng Sanggar Agung, terdapat juga tempat persembahyangan penganut Kong Hu Cu, yaitu patung Budha Raksasa Berwajah Empat.



Four Faces Budha’s Statue adalah patung setinggi 9 meter berwarna emas yang dinaungi sebuah kubah setinggi 36 meter, dengan alas persegi, dengan panjang masing masing sisi 9 meter. Angka 9 merupakan angka yang memiliki makna di ajaran agama Budha.


Empat wajah Budha ini memiliki 4 makna, yaitu kesabaran, kebebasan, keadilan, dan ketenangan.

Empat pasang tangan kanan masing-masing memegang dada, cawan air suci, tongkat, piringan, kitab suci, senjata, dan tasbih.





















Di setiap sisi wajah Budha, berdiri 4 patung gajah berwarna putih yang berdiri pada bunga lotus, patung Ganesha, tempat meditasi, dan 3 kolam air bermotif bunga lotus.




















Sungguh tempat ibadah yang megah, sekaligus dapat dijadikan tempat kunjungan wisata pula.


Tamat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas perhatian anda, silahkan tinggalkan pesan dan kesan anda