20.2.10

CP : PSA - 04 HAKEKAT PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN, bag satu



para pemimpin besar adalah hampir selalu menyederhanakan persoalan besar, yang mematahkan argumentasi, perdebatan, dan keraguan, menawarkan sebuah solusi yang setiap orang dapat memahaminya.......”

CP : PSA : 2001 ; 498


Pemimpin adalah seorang yang berani dan selalu optimis terhadap masa depan dan tantangan dan akan selalu berpikir : “ itu tidak akan seburuk kita pikir, itu akan terlihat lebih baik di pagi hari, periksalah hal-hal kecil, hati-hatilah terhadap pilihan kita. Kita mungkin mendapatkannya. “

CP : PSA : 2001 ; 516-517


Pemimpin yang berhasil adalah seseorang yang berani mengatakan dan berpendapat : “ masa depan bukan sebagaimana mestinya CP : PSA : 2001 ; 507 , karena perubahan itu ada didepan mata, dan dengan kepemimpinannya akan menciptakan perubahan.


Pemimpin yang berjiwa besar adalah seseorang yang bisa menghargai dan bangga terhadap jalan yang telah dibuat para pendahulunya, terutama oleh para bawahan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kejayaaan corps, satuan. Tercermin dari catatan kecil CP pada malam terakhir ia di Gedung Putih, di sebuah resepsi di ruang timur, seorang pramusaji kulit hitam mendatangi CP dan berkata : “ Pak, saya adalah bintara di Angkatan Darat dalam Perang Dunia II,” seorang tentara tua yang terkucil. “ Saya tidak pernah berpikir melihat seorang Jenderal Kulit Hitam berada dalam ruangan ini. Saya hanya ingin Bapak mengetahui betapa bangganya kami semua.”

saya mengerti hal itu “, Tetapi anda belum semuanya tepat. “ saya adalah seorang yang bangga terhadap apa yang kalian semua lakukan, karena telah merambas ( membuka ) jalan untuk kami.”

CP : PSA : 2001 ; 503


bersambung ke CP : PSA - 05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas perhatian anda, silahkan tinggalkan pesan dan kesan anda