19.7.09

CROSS CHECK


Kata ini sering kita dengar di kegiatan sehari-hari

Sehingga kadang kala dianggap biasa dan diabaikan begitu saja

Tapi, begitu ada masalah… baru terasa makna sesungguhnya kata CROSS CHECK


Pengalaman pribadi.

Walau sering kita kelupaan dan sudah membuat ceklist apa yang harus dibawa

Apa yang harus diperbuat, ternyata…

masih ada saja yang terlewat

masih ada saja yang terlupakan

masih ada saja yang tertinggal

masih ada saja yang hilang…………

itulah gunanya CROSS CHECK


Experience on SSTAR

Pertama, Persiapan berangkat SSTAR….

Dirumah sudah dibuat checklist apa saja yang harus dibawa..

Barang-barang disiapkan di luar koper, satu demi satu di masukkan… tapi karena berantakan

dan ada yang dipisahkan….. akhirnya

Tertinggallah QUISTIONEREFomat laporan dan alamat kewajiban laporan.

Jangan menyalahkan kalau barang berantakan… tapi yang sebenarnya memang barang tersebut tidak dimasukkan kedalam koper… sekali lagi itulah pentingnya CROSS CHECK akhir sebelum koper ditutup.


Kedua, Breakfast for 1st day

Sampai di The George C. Marshall Center, memang sudah terlalu malam sekitar jam 22.00

Sehingga waktu makan malam ( 17.30 – 20.30 ) terlewat sudah..

Tapi briefing awal penerimaan siswa sudah menjelaskan tempat dan cara mencapai Dinning Hall.

Malu bertanya.. sesat dijalan… akibat malam hari tidak bertanya dan yakin mengerti kapan dan dimana harus makan pagi.. akhirnya makan pagi pertama terlewatkan, karena tidak mengetahui tempat dan bagaimana mencapainya.

Lesson to learn…. JANGAN MALU UNTUK BERTANYA

Bertanyalah sejelas jelasnya… karena kita memang orang baru, dan belum faham situasi lingkungan.


Ketiga, Lunch for 1st day

Hampir sama dengan makan pagi…. karena passport ditinggal di tas, sehingga pada saat makan siang begitu keluar Pedestrian Gate tidak ada masalah ( karena memang untuk exit from facilty ngga perlu ID card ) tapi begitu mau masuk Artellery Base Camp.. baru bermasalah, karena harus menunjukkan ID

Passport ga bawa…. Untung ada kawan sekelas yang jalan bareng,,jadi bisa meyakinkan petugas bahwa benar kita siswa Marshall Center..n lagian kita pakai Baju Dinas dan ID Student. Berulang lagi begitu mau masuk kembali ke Sheridan Facility ( Marshall Center )…….


Keempat, Lost Meal Card.

Maksud hati mo serba simpel , karena hari sabtu hari libur… hujan… jadi ga bakalan pergi kemana-mana abis dari makan siang… berangkat makan siang Cuma pake training bawah, kaos T Shirt ama Jaket… biasanya Passport ama Card Meal disatukan dalam dompet… ini yang dibawa Cuma Passport + Card Meal. Berangkat payungan buat menghindari basah akibat hujan.. nyampe Dinning Hall seperti biasa tunjukan ID Card Meal.. disaku kembali… lanjut makan.

Kembali dari Dinning Hall langsung ke kamar, rencananya melihat hujan mulai reda, mo lanjut jalan keluar.. ternyata begitu cek ID… ada yang nggak ada, yaitu Meal Card,,,, cari cari dikamar ngga ada… coba ke Post Pedestrian Gate… mereka tidak lihat… balik lagi ke Dinning Hall… Tanya petugas juga tidak lihat…… kesimpulan hilang… karena jatuh… lost or what…. I don’t know.

Lesson to learn

Pertama, Jangan pernah mengabaikan sesuatu… benda yang kecil yang penting, yang seharusnya di simpan ditempat yang aman, jangan sekali kali dimasukkan saku begitu saja,, karena kalau terjatuh tidak terasa.

Kedua, Dan selalu check and check sekali lagi sebelum meninggalkan tempat. Cross Check dan yakinkan betul bahwa yang akan dibawa sdh masuk pada tempatnya.

Ketiga, Jangan sekali kali meremehkan sesuatu, kecil tapi akan bisa berakibat fatal, terutama yang berkaitan dengan ID apalagi kalau berada di negeri orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas perhatian anda, silahkan tinggalkan pesan dan kesan anda